MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer, perangkat lunak, dan peralatan jaringan yang bekerja bersama-sama.

MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER
secara umum, jaringan komputer diklasifikasikan ke dalam lima kelompok yaitu :
A. Jaringan komputer berdasarkan distribusi sumber informasi
1) Jaringan Terpusat
Jaringan ini terdiri atas komputer server dan klien. Komputer klien digunakan sebagai perantara untuk mengakses informasi/data yang terdapat di komputer server. Server menjadi pusat distribusi informasi.
2) Jaringan Terdistribusi
Jaringan yang merupakan perpaduan dari beberapa jaringan terpusat. Pada jaringan ini terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan. Dari server lalu terhubung dengan komputer klien untuk mengakses informasi/data. Jadi pusat informasi/data terdapat dalam beberapa server.

B. Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan
1) Jaringan Komputer Lokal (Local Area Network - LAN)
Merupakan jaringan komputer dalam area yang terbatas di suatu tempat. Contoh : Jaringan di perkantoran, sekolah, kampus atau perusahaan yang jaraknya tidak lebih dari satu KM.

2) Jaringan Komputer Metropolitan (Metropolitan Area Network - MAN)
Pada dasarnya jaringan ini merupakan LAN yang jangkuannya lebih luas. MAN menggunakan teknologi yang sama dengan LAN, biasanya digunakan untuk menghubungkan kantor-kantor perusahaan atau instansi yang letaknya berjauhan, misalnya dari satu kota dengan kota yang lain.

3) Jaringan Komputer Luas (Wide Area Network - WAN)
Jangkauan ini meliputi wilayah yang lebih luas, sering kali mencakup lintas provinsi, antar pulau, antar negara, bahkan antar benua. Contoh jaringan WAN adalah jaringan telekomunikasi milik penyedia layanan telepon seperti Telkom dan Indosat.
C. Jaringan Komputer Berdasarkan Hubungan Antarkomputer
1) Jaringan Client - Server
Pada jaringan ini terdapat satu atau beberapa komputer server dan komputer Klien. Komputer server digunakan untuk keperluan khusus, melayani permintaan komputer klien. Misalnya server yang digunakan tempat menyimpan file data (file server), bertugas menyediakan/menyimpan data yang dikehendaki komputer klien. Komputer server yang terhubung ke alat pencetak (print server) bertugas untuk melayani perintah cetak dari komputer klien. Komputer klien digunakan untuk bekerja. Contohnya adalah untuk mengetik, mengolah data keuangan, mengedit foto, membuat ilustrasi, dll. maka komputer klien sering disebut Workstation.
2) Jaringan Peer-to-Peer
Pada jaringan ini semua komputer yang terhubung mempunyai derajat yang sama. Tidak ada komputer server ataupun klien. Semua komputer dapat melakukan pengiriman atau menerima data/informasi. Jadi semua komputer dapat berfungsi sebagai klien sekaligus sebagai server
D. Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi Data
1) Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini media penghubung antar komputer menggunakan kabel jaringan. Data dalam bentuk sinyal listrik ditransmisikan melalui kabel-kabel. Contoh kabel yang bisa digunakan yaitu Kabel Koaksial, Kabel Ulir (UTP) dan Serat Optik.
2) Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Pada jaringan ini transmisi data dilakukan dalam bentuk gelombang elektromagnetik yang dipancarkan melalui antena. Kabel penghubung jaringan tidak dibutuhkan lagi. Oleh karena itu sangat praktis untuk menghubungkan peralatan seperti komputer PC, Laptop, Smartphone dan Tablet.
Demikian artikel ini semoga bermanfaat


0 komentar