JARINGAN KOMPUTER

Pengertian Jaringan Komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer, perangkat lunak dan peralatan jaringan yang bekerja bersama-sama. Manfaatnya adalah untuk mempermudah dalam pertukaran data dan komunikasi.

Manfaat Jaringan Komputer

Onno W. Purba, seorang pakar IT, manyatakan bahwa secara umum jaringan komputer memiliki beberapa manfaat dan keunggulan dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri. Manfaat jaringan komputer sebagai berikut :

A. Berbagai Sumber Daya
Melalui jaringan komputer seluruh program dan peralatan dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang terhubung dalam jaringan. Contohnya adalah berbagai pemakaian printer, perangkat penyimpanan, pemindai dan koneksi internet

B. Media Komunikasi
Jaringan Komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana media komunikasi antar pengguna. Sperti pesan singkat (chatting)

C. Integrasi Data
Pemprosesan tidak harus dilakukan pada satu komputer, hal inilah memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.

D. Keamanan Data
Jaringan Komputer memudahkan proses menyalin filedata. data penting bisa disimpan dalam beberapa komputer sekaligus sehingga apabila terjadi kerusakan data di salah satu komputer pekerjaanya tidak akan terganggu karena masih ada salinannya di komputer lain.

E. Pengembangan dan Pemeliharaan
Pengembangan dan pemeliharaan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya. Misalkan sebuah perusahaan akan menganti printer maka cukup menganti satu saja karena dapat dipakai bersama-sama.


Peralatan Jaringan Komputer

A. Komputer yang dilengkapi Kartu Jaringan


Komputer harus memilki kartu jaringan agar bisa terhubung ke dalam jaringan komputer. Kartu Jaringan (Network Interface Card atau NIC sering disebut juga Network Adapter, LAN Card atau Ethernet Card) bertugas untuk mengirimkan paket-paket data ke komputer tujuan dan menerima paket data yang  dikirim komputer lain.




B. Media Penghubung

Media penghubung digunakan untuk memindahkan data dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Media penghubung bisa berupa kabel atau tanpa kabel (jaringan wireless). Beberapa jenis kabel yang digunaka seperti kabel koasial, kabel UTP dan kabel serat opetik.


C. Konsentrator (Hub dan Switch)

Untuk mengatur peralatan disebut Konsentrator. Konsentrator digunakan untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN. Contoh konsentrator adalah HUB dan SWITCH

D. Access Point

Access Point digunakan dalam jaringan komputer tanpa kabel (wireless LAN) . Fungsinya untuk menerima paket data yang dikirim dari sebuah komputer lalu memperkuat sinyal dan memancarkan kembali paket data ke komputer tujuan (dalam bentuk gelombang elektromagnetik). Umumnya pada access point juga terdapat konektor kabel sehingga dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan kabel dengan jaringan tanpa kabel.



E. Peralatan Tambahan

1. Bridge 
merupakan peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan. 

2. Router
Digunakan untuk mengatur lalu lintas data dari satu jaringan ke jaringan lain.

3. Repeater
Digunakan untuk memperkuat sinyal data dalam jaringan.




Demikian artikel tentang Jaringan Komputer, jangan lupa baca artikel Jenis-Jenis Jaringan Komputer, semoga bermanfaat....

0 komentar