CARA MUDAH MEMBUAT BLOG DENGAN BLOGGER

Kali ini saya coba berbagi pengalaman bagaimana cara membuat blog. Seperti pengalaman saya bahwa blog banyak memberikan manfaat. Selain digunakan untuk berbagi pengalaman blog juga bisa menghasilkan uang, sarana penjualan online, dan lain-lain.

Melalui artikel berikut saya akan coba  berbagi panduan membuat blog dengan mudah bagi pemula. Namun sebelum itu kita harus tahu bahwa banyak terdapat puluhan platfom untuk membuat blog, oleh karena itu anda harus memutuskan platfom mana yang ingin anda gunakan apakah itu blogger, wordpress, webs, jimdo,  tumblr, squidoo dan lain-lain. 

Untuk memilih platfom mana yang cocok bagi anda silahkan putuskan, Pada kesempatan kali ini saya coba menjelaskan bagaimana cara membuat blog dengan Blogger. Ok kita langsung aja ke tujuan.

Langkah-langkah membuat Blog dengan Blogger :

1. Pertama buka situs Blogger.com, maka tampil gambar dibawah ini








2. Setelah itu Klik "CREATE YOUR BLOG"
3. Masukan alamat email blog anda, jika anda belum punya silahkan kilk link buat email. ini Kemudian klik "BERIKUTNYA"
4. Setelah itu masukkan password akun email anda dengan benar, kemudian klik "BERIKUTNYA"
5. Kemudian tampil halaman konfirmasi untuk tentukan profil mana yang akan anda gunakan, anda bisa menggunakan profil Google+ atau profil Blogger, disini saya coba menyarankan untuk menggunakan profil Google+, setelah itu klik "Buat profil Google+".

6. Tampil halaman Form Profil, jika ada perubahan maka anda bisa mengedit disini. Jika selesai klik "CREATE PROFIL"



7. Pada tahapan ini anda bisa menambahkan foto profil anda atau pun mengedit foto profil anda, jika anda tidak mau mengedit foto bisa diabaikan dengan mengklik "SKIP"


8. Profil Google+ anda sudah berhasil dibuat, setelah itu klik "Lanjutkan ke Blogger"

9. Untuk membuat blog baru, klik tombol "BUAT BLOG BARU", seperti gambar dibawah ini
10. Maka anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini, silahkan isi sesuai dengan permintaan.

11. Terakhir silahkan klik "Buat Blog", Selamat blog anda sudah selesai dibuat


MENGENAL MENU-MENU PADA BLOGGER

Terdapat beberapa menu dan tombol pada blogger yang perlu anda ketahui. Diantaranya sebagai berikut :


  • Pos: menampilkan semua pos yang terdapat pada blog anda, pos yang sudah diterbitkan dan yang masih berbentuk draft. Dalam menu ini, anda juga bisa menghapus beberapa pos sekaligus dengan cepat.
  • Statistik: menampilkan informasi statiska pada blog anda, seperti jumlah penayangan hari ini, kemarin, dan bulan lalu. Selain itu, pada menu ini juga menampilkan informasi mengenai bagaimana pengunjung menemukan blog anda dan lain sebagainya.
  • Komentar: menampilkan komentar yang telah diterbitkan, komentar yang masih menunggu moderasi, dan komentar yang tergolong spam.
  • Kampanye: menampilkan menu seputar Adwords. Anda bisa mempromosikan blog anda dengan Adwords ini, tetapi tentu saja ini tidak gratis.
  • Laman: menampilkan jumlah laman yang terdapat pada blog anda, laman yang masih berbentuk draft, dan laman yang sudah diterbitkan.
  • Tata Letak: disini anda bisa kustomisasi tampilan atau menambahkan widget (gadget) pada blog anda.
  • Tema: menampilkan pengaturan pada template blog anda. Untuk mengedit, mengganti template blog anda, dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
  • Setelan: menampilkan pengaturan lanjutan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, pos dan komentar dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
  • Daftar Bacaan: menampilkan postingan terbaru dari blog-blog yang anda ikuti.
  • Bantuan: menampilkan beberapa artikel bantuan mengenai bagaimana cara menggunakan blog di Blogger.
CARA MENULIS / POSTING KONTEN DI BLOGGER

Untuk menulis konten atau yang sering di sebut dengan posting sangatlah mudah, malahan mudah banget. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

2. Sebelum memulai untuk menulis konten, terdapat beberapa menu, tombol, atau navigasi yang perlu anda pahami sebagai berikut :


Keterangan Gambar:

  • Nomor 1 : Judul konten anda.
  • Nomor 2 : Deretan tombol yang berguna untuk mempublikasikan, menyimpan, atau mempratinjau konten anda.
  • Nomor 3 : Terdapat 2 mode penulisan konten yang terdapat pada blogger, diantaranya mode Compose dan mode HTML. Secara default, mode penulisan konten menggunakan mode Compose. Jika anda awam dalam HTML, saya sarankan menggunakan mode Compose saja.
  • Nomor 4 : Menu formatting toolbar yang digunakan untuk pengolahan teks pada konten anda. Fungsi tool-tool ini tidak jauh berbeda dengan yang terdapat pada Ms. Word.
  • Nomor 5 : Beberapa menu pengaturan pada konten anda. Seperti memberikan label/ kategori, tautan permanen pada konten anda dan lain sebagainya.
  • Nomor 6 : Isi konten anda.
3. Jika konten anda sudah siap dipublikasikan, silakan klik tombol Publikasikan.


Demikian artikel Cara Mudah Membuat Blog Dengan Blogger, Semoga bermnfaat...
























0 komentar