TANAMAN OBAT TRADISIONAL STROKE YANG ALAMI


Stroke merupakan terjadinya gangguan suplai darah ke bagian otak yang mengakibatkan matinya sel-sel otak. Pada umumnya penderita stroke akan mengalami gejala seperti kesulitan untuk berjalan maupun berbicara. Stroke dapat menyebabkan cacat sementara maupun permanen, sehingga perawatan sangat penting sekali dilakukan akan dapat pulih.
Tanaman obat Stroke banyak kita temukan dilingkungan sekitar tempat tinggal kita. Hanya saja tidak semua yang mengetahui manfaat tanaman tersebut. Kebanyakkan orang menempuh jalur medis untuk mengobati stroke. Padahal melakukan pengobatan dengan cara tradisional juga sama efektifnya. Dan harganya pun lebih relatif murah dan mudah dilakukan.
Sebenarnya penderita stroke masih bisa diobati dalam waktu kurang dari tiga jam setelah serangan. Penanganan yang tepat dan tindakkan yang cepat untuk membawa ke rumah sakit dapat menyelamatkan pasien dari kelumpuhan permanen. Selain itu pemeriksaan intensif juga perlu dilakukan pada pasien stroke untuk mengetahui penyebab stroke. Apakah penyebab stroke tersebut, mengetahui penyebab stroke dengan tepat dapat membantu penyembuhan pasien dengan lebih efektif.
Berikut ini beberapa tanaman obat tradisional untuk stroke :
1. Bawang putih
Bawang putih bisa mencegah serta mengobati stroke iskemik dengan menurunkan tekanan darah, sebagai antikoagulan, serta menurunkan kadar kolesterol. Bawang putih biasa dijadikan sebagai herbal anti-pembekuan darah karena berisi sembilan senyawa antikoagulan. Anda bisa menggunakan bawang putih pada setiap masakan Anda, juga bisa menambahkannya pada salad. Namun yang perlu digaris bawahi, orang yang menderita stroke hemoragik tidak boleh mengonsumsi bawang putih.
2.Kunyit
Bedasarkan hasil penelitian di Amerika Serikat, kunyit dapat mengobati stroke. Obat Herbal yang berbasis kunyit mampu bekerja pada sel-sel otak dan mengurangi masalah pada gerak serta otot. Studi lainnya dimana Studi awal mengemukakan bahwa  kunyit bisa mencegah serangan jantung ataupun stroke. Penelitian pada hewan sudah menunjukan bahwa extrak kunyit mampu menurunkan kadar kolesterol dan juga menghambat oksidasi jahat.  Senyawa curcumin yang ada dalam kunyit bisa mencegah pembentukan gumpalan darah. 
3. Gingko Biloba

Obat herbal ini membantu mencegah gumpalan darah dengan mengembangkan pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah ke otak. Gingko Biloba juga terbukti menghambat pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Di Eropa, gingko biloba dipakai untuk mengobati komplikasi dari stroke seperti Vertigo, gangguan memori dan keseimbangan, serta proses berpikir yang terganggu. Gingko juga memiliki peran mengurangi kerapuhan kapiler. Beberapa dokter mengungkapkan gingko biloba bisa digunakan sebagai pencegah stroke karena tidak beracun dan relatif aman.
4. Daun Sambiloto
Daun ini memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai obat tradisional untuk mengobati stroke. Kandungan senyawa dalam daun sambiloto memberikan efek muskarinik pada pembuluh darah. Caranya dengan menyeduh 7 lembar daun sambiloto ke dalam setengah cangkir air panas. Tambahkan dalam minuman tersebut dan minum 3 kali sehari. Tanaman obat tradisional stroke dari daun sambiloto ini mudah di dapatkan dilingkungan sekitar rumah.
5. Jahe
Jahe merupakan tonik bagi jantung karena bisa membantu mengatasi sirkulasi darah yang kurang baik serta menurunkan kolesterol. Jahe  mencegah darah beku secara berlebihan. Sebuah penelitian di India membuktikan jahe bisa menetralisir efek pembekuan darah dari 100 gram mentega. Anda bisa menyeduh teh jahe dengan 1 sampai 2 sendok teh akar parut segar yang dicampur dengan air mendidih.
6. Mengkudu

Manfaat mengkudu atau pace sebagi obat memang sangat manjur. Bahkan, tidak hanya sebagai obat stroke, bisa juga digunakan untuk penyakit lainnya. Hanya saja aroma dan rasa yang ditimbulkan dari buah ini tidak disukai oleh banyak orang.
7. Willow
Willow merupakan jenis tanaman yang masih jarang ditemukan di Indonesia, namun dapat ditemukan dibeberapa tempat. Kulit pohon willow adalah aspirin alami. Mengkonsumsi bahan ini dalam dosis rendah dapat mngurangi gejala stroke iskemik hingga 18%. Dosis rendah aspirin alami ini juga dapat mencegah resiko terkena serangan jantung. Cara memanfaatkan kulit pohon Willow adalah dengan membuat teh dari kulit pohon Willow. Tambahkan kulit pohon willow kering sebanyak 1-2 sendok teh. Diamkan hingga dingin lalu diminum. Minum ramuan ini dua atau tiga cangkir sehari sampai stroke benar-benar sembuh.
8. Wortel

Dalam penelitian di Harvard, perempuan yang mengonsumsi lima porsi wortel seminggu memiliki risiko kena stroke 68 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang makan wortel kurang dari dua kali sebulan.

Dan masih banyak lagi jenis tanaman obat untuk stroke. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat, jangan lupa baca Cara Ampuh Menghilangkan Uban Dengan Alami...

0 komentar